InfoTukang.com – Produsen cat terkemuka asal Indonesia, PT Propan Raya Industrial Coating Chemicals (Propan Raya ICC), ekspansi ke Myanmar.

Propan ekspansi ke pasar baru itu melalui anak usahanya, Alkana, dengan membentuk perusahaan patungan (joint venture) bersama kelompok bisnis UMG Myanmar yang berbasis di Yangon.

Kedua perusahaan menamakan perusahaan patungannya itu bernama Alkana UMG Myanmar Co. Ltd. UMG Myanmar pun sudah mulai memasarkan produk-produk Propan sejak Agustus lalu.

Grand opening diadakan di Pullman Hotel Yangon, Rabu (5/12).

Acara grand launching Alkana UMG Myanmar sebagai penanda Propan resmi ekspansi ke Myanmar dilaksanakan di Pullman Hotel Yangon, Rabu (5/12).

Pendiri sekaligus Presiden Direktur Propan Raya Dr. Hendra Adidarma Dipl. Chemiker dan CEO Propan Raya Kris Rianto Adidarma serta para direksi UMG Myanmar secara kompak hadir.

Tidak hanya jajaran eksekutif Propan dan UMG Myanmar, Menteri Regional Yangon U Zaw Aye Maung dan para pejabat Kedutaan Besar Republik Indonesia untuk Myanmar pun hadir.

Ekspansi ke Myanmar tersebut menandakan bahwa Propan kian memperkokoh pasarnya di mancanegara.

Ekspansi ke Myanmar menjadi bukti baru kesuksesan Propan dari “Perusahaan Dagang” menjadi “Perusahaan Dunia” .

InfoTukang.com

Jauh sebelum itu, yakni pada 7 Mei 2007, Propan—juga melalui Alkana—telah membuka kantor dan pabrik di Vietnam. Lokasinya di Vietnam Singapore Industrial Park II, Binh Duong.

Meski begitu, produk-produk cat Propan bukan berarti hanya beredar di Vietnam dan Myanmar.

Sejak didirikan Hendra–Doctor der Naturwissenschaf, Technical University of Stuttgart, Institute fur Textile Chemie, Jerman–pada 1997, produk-produk Propan telah merambah pasar Malaysia, Brunei Darussalam, Thailand, dan lain sebagainya.

Di Indonesia, Propan telah memiliki 36 kantor cabang, 27 Propan Service Center, dan 4 Propan Inspiration Center.

Jadi, Propan yang dulunya berdiri dengan status PD (Perusahaan Dagang) di Jalan Kyai Taba, Grogol, Jakarta Barat, kini telah menjelma menjadi PD (Perusahaan Dunia).

Ekspansi ke Myanmar itu menjadi bukti baru kesuksesan Propan dari “Perusahaan Dagang” menjadi “Perusahaan Dunia” tersebut.●

Teks: InfoTukang.com | Foto: Propan Raya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here